Jumat, 08 Februari 2013

Materi BK


Mata Kuliah                   : Bimbingan dan Konseling
Dosen                   : Dr. Ilfiandra
Asisten Dosen      : Yuni Nurmalasari, S.Pd

Waktu                  : 8 Februari 2013


Makna Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan permberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat;
- Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik;
  Pendidikan diselenggarkan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat

Pendidik
Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikas sebagai guru, dosen,  konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartsipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
















Matriks 1
Keunikan dan Keterkaitan Layanan Guru dan Konselor

No
Worldview
Guru
Konselor
1
Wilayah Gerak
Kususnya Sistem Pendidikan Formal
Khusus Sistem Pendidiakn Formal
2
Tujuan Umum
Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
3
Konteks Tugas
Pembelajaran yang mendidik melaui Mata Pelajaran dengan Skenario Guru
Layanan memandirikan dengan scenario Konseli-Konselor.
3.1
Fokus kegiatan
Pengembangan kemampuan penguasaan bidang studi dan masalah-masalahnya
Pengembangan potensi diri  bidang  pribadi, sosial,  belajar, karier, dan masalah-masalahnya.

3.2
Hubungan Kerja
Alih tangan (referal)
Alih tangan (referal)
3.3
Pendekatan Umum
Pemanfaatan Instructional Effects & Nurturant Effects melalui pembelajaran yang mendidik
Pengenalan diri dan lingkungan oleh Konseli dalam rangka pengatasan masalah 
Skenario tindakan merupakan hasil transaksi yang merupakan keputusan konseli.

4
Target Intervensi


4.1
Individu
Minim
Utama
4.2
Kelompok
Pilihan Strategis
Pilihan Strategis
4.3
Klasikal
Utama
Minim
5
Ekspektasi Kinerja


5.1
Ukuran Keberhasilan
- Pencapaian Standar
  Kompetensi Lulusan
- Lebih bersifat kuantitatif

- Kemandirian dalam
  kehidupan
- Lebih bersifat kualitatif yang   unsur-unsurnya saling terkait (ipsatif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar