Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling
Dosen : Dr. Ilfiandra
Asisten Dosen : Yuni Nurmalasari, S.Pd
Waktu : 8 Februari 2013
Makna Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian
diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
- Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses
pembudayaan dan permberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat;
- Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan,
membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik;
Pendidikan diselenggarkan dengan mengembangkan budaya
membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat
Pendidik
Pendidik
adalah tenaga kependidikan yang berkualifikas sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor,
instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya,
serta berpartsipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
Matriks
1
Keunikan
dan Keterkaitan Layanan Guru dan Konselor
No
|
Worldview
|
Guru
|
Konselor
|
1
|
Wilayah Gerak
|
Kususnya Sistem Pendidikan Formal
|
Khusus Sistem Pendidiakn Formal
|
2
|
Tujuan
Umum
|
Pencapaian
Tujuan Pendidikan Nasional
|
Pencapaian
Tujuan Pendidikan Nasional
|
3
|
Konteks Tugas
|
Pembelajaran yang mendidik melaui Mata
Pelajaran dengan Skenario Guru
|
Layanan memandirikan dengan scenario Konseli-Konselor.
|
3.1
|
Fokus
kegiatan
|
Pengembangan kemampuan penguasaan
bidang studi dan masalah-masalahnya
|
Pengembangan potensi diri bidang
pribadi, sosial, belajar,
karier, dan masalah-masalahnya.
|
3.2
|
Hubungan Kerja
|
Alih tangan (referal)
|
Alih tangan (referal)
|
3.3
|
Pendekatan
Umum
|
Pemanfaatan
Instructional Effects & Nurturant Effects melalui
pembelajaran yang mendidik
|
Pengenalan
diri dan lingkungan oleh Konseli dalam rangka pengatasan masalah
Skenario
tindakan merupakan hasil transaksi yang merupakan keputusan konseli.
|
4
|
Target Intervensi
|
||
4.1
|
Individu
|
Minim
|
Utama
|
4.2
|
Kelompok
|
Pilihan Strategis
|
Pilihan Strategis
|
4.3
|
Klasikal
|
Utama
|
Minim
|
5
|
Ekspektasi Kinerja
|
||
5.1
|
Ukuran
Keberhasilan
|
- Pencapaian Standar
Kompetensi Lulusan
- Lebih bersifat kuantitatif
|
-
Kemandirian dalam
kehidupan
-
Lebih bersifat kualitatif yang
unsur-unsurnya saling terkait (ipsatif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar