Sabtu, 16 Februari 2013

Telaah Kurikulum dan Buku Teks


Mata Kuliah   : Telaah Kurikulum dan Buku Teks
Dosen          : Denny, M.Pd
Waktu          : 13 Februari 2013

Pengertian Kurikulum
Bahan tertulis yang berisi segala kegiatan dan pengalaman belajar, berbagai strategis pembelajaran, alat-alat pembelajaran, dan teknik-teknik penilaian yang direncanakan, dipprogramkan, dan dilaksanakan untuk mencapai tjuan pendidikan tertentu.

Pengertian Buku Teks
Buku pelajaran bidang studi tertentu yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk mencapai tujuan intruksional berdasarkan kurikulum yang berlaku dalam jenjang pendidikan  tertentu.

Fungsi Kurikulum

    - Bagi Sekolah : Sebagai alat untuk mencapai pendidikan yang diinginkan sebagai pedoman dalam PPM sehari-hari.
   - Bagi Tatanan Tingkat Sekolah : Sebagai pemelihara proses pendidikan dan penyaluran tenaga kerja.
   - Bagi Konsumen : Sebagai sarana ikut serta dalam mempelajari program pendidikan sehingga terjadi keselarasan antara program yang diinginkan masyarakat sengan lapangan kerja.
     - Bagi Guru : Sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisasikan pengajaran.
-          Bagi Orang Tua Siswa : Sebagai sarana dalam membantu usaha sekolah dalam memajukan anak-anaknya.

Komponen Kurikulum
1.    Tujuan : Arah atau sasaran yang hendak dituju oleh penyelenggara pendidikan. (Terampil Berbahasa)
2.    Isis Kurikulum : Pengalaman belajar yang diperoleh siswa dari sekolah.
3.    Metode atau Proses Belajar Mengajar : Cara siswa memperoleh pengalaman belajar untuk mencapai tujuan. Metode berkenaan dengan proses pencapaian tujuan. Sedangkan proses itu sendiri berkenaan dengan bagaimana pengalaman belajar diorganisasikan.
4.    Evaluasi : Cara mengetahui apakah sasaran yang ingin dituju dapat tercapai atau tidak.

Prinsip Pengembangan Kurikulum
~ Berorientasi pada Tujuan : Agar setiap jam dan kegiatan pelajaran yang dilukukan oleh siswa dan guru benar-benar trarah pada tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
~ Prinsip Relevansi : Kesesuaian antara pendidikan dengan tuntutan kehidupan, antara lain relevansi pendidikan dengan lingkungan hidup siswa, dengan kehidupan sekarang, dan masa yang akan datang, dengan tuntutan dalam dunia pekerjaan.
~ Prinsip Efektivitas : Sejauh mana apa-apa yang direncanakan dapat terlaksana atau tercapai.
~ Prinsip Efisiensi : Perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dan usaha yang dikeluarkan.
~ Prinsip Kontinuitas : Pendidikan yang disusun secara kontinu antara berbagai tingkat dan jenis pendidikan.
~ Prinsip Fleksibelitas : Fleksibel atau tidak kaku, misalnya memilih program jurusan, mengembangkan program, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar