Mata Kuliah : Telaah Kurikulum dan Buku Teks
Dosen : Denny, M.Pd
Waktu : 13 Februari 2013
Pengertian
Kurikulum
Bahan tertulis yang berisi
segala kegiatan dan pengalaman belajar, berbagai strategis pembelajaran,
alat-alat pembelajaran, dan teknik-teknik penilaian yang direncanakan,
dipprogramkan, dan dilaksanakan untuk mencapai tjuan pendidikan tertentu.
Pengertian
Buku Teks
Buku pelajaran bidang studi
tertentu yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang
itu untuk mencapai tujuan intruksional berdasarkan kurikulum yang berlaku dalam
jenjang pendidikan tertentu.
Fungsi
Kurikulum
- Bagi Sekolah : Sebagai alat untuk mencapai
pendidikan yang diinginkan sebagai pedoman dalam PPM sehari-hari.
- Bagi Tatanan Tingkat Sekolah : Sebagai
pemelihara proses pendidikan dan penyaluran tenaga kerja.
- Bagi Konsumen : Sebagai sarana ikut serta
dalam mempelajari program pendidikan sehingga terjadi keselarasan antara
program yang diinginkan masyarakat sengan lapangan kerja.
- Bagi Guru : Sebagai pedoman kerja dalam
menyusun dan mengorganisasikan pengajaran.
-
Bagi Orang Tua Siswa : Sebagai sarana dalam
membantu usaha sekolah dalam memajukan anak-anaknya.
Komponen Kurikulum
1.
Tujuan : Arah atau sasaran yang hendak
dituju oleh penyelenggara pendidikan. (Terampil Berbahasa)
2.
Isis Kurikulum : Pengalaman belajar yang
diperoleh siswa dari sekolah.
3.
Metode atau Proses Belajar Mengajar : Cara
siswa memperoleh pengalaman belajar untuk mencapai tujuan. Metode berkenaan
dengan proses pencapaian tujuan. Sedangkan proses itu sendiri berkenaan dengan
bagaimana pengalaman belajar diorganisasikan.
4.
Evaluasi : Cara mengetahui apakah sasaran
yang ingin dituju dapat tercapai atau tidak.
Prinsip Pengembangan
Kurikulum
~ Berorientasi pada Tujuan
: Agar setiap jam dan kegiatan pelajaran yang dilukukan oleh siswa dan guru
benar-benar trarah pada tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
~ Prinsip Relevansi :
Kesesuaian antara pendidikan dengan tuntutan kehidupan, antara lain relevansi
pendidikan dengan lingkungan hidup siswa, dengan kehidupan sekarang, dan masa
yang akan datang, dengan tuntutan dalam dunia pekerjaan.
~ Prinsip Efektivitas :
Sejauh mana apa-apa yang direncanakan dapat terlaksana atau tercapai.
~ Prinsip Efisiensi :
Perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dan usaha yang dikeluarkan.
~ Prinsip Kontinuitas :
Pendidikan yang disusun secara kontinu antara berbagai tingkat dan jenis
pendidikan.
~ Prinsip Fleksibelitas :
Fleksibel atau tidak kaku, misalnya memilih program jurusan, mengembangkan
program, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar